PAI 3 C
NAMA : Krisna Bayu
Nugraha Ejang Sudraja
Rifki Nasrudin
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar
belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi
spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling
banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal
menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk
Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari
excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan
agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih
mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting
adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian,
Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya
kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan
Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel
sangat berperan penting dalam dunia pendidikan khusunya bagi para calon
guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia
pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai siswa,merangking hasil
belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi kehadiran,dan lain – lain. Dengan
alasan tersebut kami menyusun makalah Microsoft Excel ini demi menunjang
bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.Dengan demikian pembaca dapat
menggunakan makalah ini sebagai tuntunan dalam mempelajari Teknologi Informasi
khususnya dalam bidang Microsoft Excel
b.
Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana cara
menyimpan lembar kerja baru ms exel?
2.
Bagaiamana cara
memasukan teks, tanggal dan bilangan dalam sel?
3.
Bagaimana cara
mengatur format sel?
4.
Bagaimana cara
mengatur kolm dan baris?
5.
Bagaimana cara
menggunakan rumus dan fasilitas bantu?
c.
Tujuan
1.
Untuk
menngetahui cara menyimpan lembar kerja baru
2.
Untuk mengetahui
cara memasukan teks, tanggal dan bilangan dalam sel
3.
Untuk mengetahui
cara mengatur format cell
4.
Untuk mengetahui
cara mengatur kolom dan baris
5.
Untuk mengetahui
cara menggunakan rumus dan fasilitas bantu
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGENALAN
PROGRAM MICROSOFT EXCEL
Microsoft
Excel merupakan salah satu perangkat lunak pengolah angka yang juga merupakan
sebuah program pengolah spreadsheet yang berupa lembar kerja yang
terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris yang berfungsi untuk mengolah data statistik,
pembuatan laporan keuangan, anggaran, database sederhana dan lain-lain
1.
Membuat Lembar
Kerja Excel
Untuk
membuat sebuah file baru pada Microsoft Excel, ada beberapa cara yang bisa
dilakukan yaitu sebagai berikut
a. Klik
menu File > New
b. Menggunakan
shortcut Ctrl+N
c. Menggunakan
ikon yang terdapat pada toolbar Standard
Apabila telah selesai
mengisi lembar kerja dengan data-data yang dibutuhkan, maka untuk menyimpan
file tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. Klik
menu File > Save As
b. Menggunakan
shortcut Ctrl+S
c. Menggunakan
ikon yang terdapat pada toolbar Standard. Maka akan muncul kotak
dialog Save As.
b.
Menyimpan lembar kerja
Menyimpan Lembar Kerja
dengan Nama lain Menyimpan lembar dengan nama lain, biasanya bertujuan untuk
membuat duplikat dari lembar kerja, atau ingin membuat lembar kerja baru dengan
format yang sama dengan lembar kerja yang akan disimpan. Hal ini dapat dilakukan
dengan cara: 1. Pilih dan klik menu File, Save As, sehingga muncul kotak dialog
Save As. 2. Pada kotak Save In pilih dan klik forder tempat penyimpanan data.
3. Pada kotak isian file name ketikkan nama file dari lembar kerja yang akan
disimpan. 4. Klik Save untuk menyimpan lembar kerja.
B. MEMASUKKAN
TEKS,TANGGAL,DAN BILANGAN SEL
Untuk memasukkan tulisan berupa teks, tanggal atau bilangan di
dalam worksheet maka terlebih dahulu tentukan sel atau posisi pointer dimana
tulisan tersebut akan di tempatkan.
Sebagai contoh adalah
dengan memasukkan data-data pengeluaran uang kas
Nama Barang Satuan
Jumlah Harga
Kertas A4 Rim 4 Rp 100.000,-
Spidol Whiteboard Buah 3 Rp 15.000,-
Lem Power Glue Buah 3 Rp 20.000,-
Stabillo Buah 2 Rp 5000,-
Disket Buah 10 Rp 25.000,-
Kertas A4 Rim 4 Rp 100.000,-
Spidol Whiteboard Buah 3 Rp 15.000,-
Lem Power Glue Buah 3 Rp 20.000,-
Stabillo Buah 2 Rp 5000,-
Disket Buah 10 Rp 25.000,-
Cara memasukkan data tersebut ke dalam lembar kerja
1. Posisikan pointer pada B2 (Kolom B, Baris 2), kemudian ketik Nama Barang dan tekan Enter
2. Pointer akan berpindah pada posisi di bawahnya, yaitu B3 (Kolom B, Baris 3), kemudian lanjutkan penulisan data dengan mengetik Kertas A4 dan seterusnya.
3. Untuk Kolom selanjutnya, tempatkan pointer pada cell C4 (Kolom C, Baris 4), dan kemudian ketik satuan, dan seterusnya
4. Untuk memasukkan harga dalam rupiah, cukup dengan mengetik angkanya saja sebab agar angka tersebut dapat dibaca oleh program untuk mengolah angka. Jika hasilnya akan dibuat dengan menempatkan dengan menu format cell.
C. PENGATURAN / FORMAT CELL MS. EXCEL
Untuk mengatur tampilan dan format dari cell dapat dilakukan
dengan cara:
·
Klik tab Home
·
Pilih kategori Cells
·
Klik tombol Format
·
Pilih Format Cells (atau dapat juga dengan
menekan tombol Ctrl+1). Sehingga akan ditampilkan kotak dialog format cell.
Dalam kotak dialog format cell, terdapat 6 buah tab pilihan
format, yaitu :
1. Numbering
1. Numbering
Digunakan untuk mengatur format angka dari cell. Terdapat 12
pilihan kategori jenis angka
2. Alignment
Digunakan untuk mengatur perataan dari cell.
Terdapat 4 buah pengaturan :
1) Text alignment
Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:
Horizontal : Perataan secara horizontal
Vertical : Perataan secara vertical
Terdapat 4 buah pengaturan :
1) Text alignment
Digunakan untuk mengatur perataan teks,terdapat 2 buah opsi pengatura yaitu:
Horizontal : Perataan secara horizontal
Vertical : Perataan secara vertical
2) Text control
Wrap text : Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell
Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
Merge cells : Menggabungkan cell
Wrap text : Membuat teks mengikuti ukuran lebar cell
Shrink to fit : Membuat teks mengecil mengikuti lebar cell
Merge cells : Menggabungkan cell
3) Right-to-left
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
Text Direction : Mengatur arah penulisan teks
4) Orientation
Mengatur derajat kemiringan dari teks.
Mengatur derajat kemiringan dari teks.
3. Font
Digunakan untuk mengatur karakter huruf dari cell
Terdapat 6 buah pengaturan :
1) Font
Digunakan untuk memilih jenis huruf yang diinginkan.
1) Font
Digunakan untuk memilih jenis huruf yang diinginkan.
2) Font Style
Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:
Digunakan untuk memilih gaya penulisan (tergantung font),terdiri dari:
·
Regular
·
Italic (cetak miring) (Ctrl+I)
·
Bold (cetak tebal) (Ctrl+B)
·
Bold Italic (cetak tebal dan miring)
3) Size
Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
Digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
4) Underline
Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.
Digunakan untuk mengatur garis bawah huruf.
5) Color
Digunakan untuk mengatur warna huruf dan garis bawah.
Digunakan untuk mengatur warna huruf dan garis bawah.
6) Effects
Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri dari:
Digunakan untuk memberi efek huruf, terdiri dari:
·
Strikethrough : efek coretan
·
Superscript : huruf berukuran kecil diatas
karakter umum (seperti pangkat)
·
Subscript : huruf berukuran kecil dibawah
karakter umum.
4. Border
Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar dari cell
Digunakan untuk mengatur bingkai/garis luar dari cell
Terdapat 4 buah pengaturan :
Line
Digunakan untuk mengatur jenis garis
Line
Digunakan untuk mengatur jenis garis
Color
Digunakan untuk mengatur warna garis
Digunakan untuk mengatur warna garis
Presets
None : tanpa bingkai
Outline : memberi garis luar cell/range.
Inside : memberi garis dalam cell/range
None : tanpa bingkai
Outline : memberi garis luar cell/range.
Inside : memberi garis dalam cell/range
Border
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
Digunakan untuk memberi garis sesuai arah yang diinginkan.
5. Fill
Digunakan untuk memberi warna cell.
Digunakan untuk memberi warna cell.
Terdapat 3 buah pengaturan :
Backgroud Color
Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.
Backgroud Color
Digunakan untuk memilih warna latar belakang cell. Tombol pilihan Fill Effect digunakan untuk memberi warna dengan efek tertentu.
Pattern Color
Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell
Digunakan untuk memilih warna arsiran dari cell
Pattern Style
Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk cell
Digunakan untuk memilih jenis arsiran untuk cell
6. Protection
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.
Digunakan untuk melindugi isi cell dengan mengunci dan/atau menyembunyikan rumus didalam cell.
D. CARA
MENGATUR LEBAR KOLOM DAN BARIS (CELL) DALAM MICROSOFT OFFICE EXCEL
Kali ini pondok microsoft office mencoba
memberikan satu bahasan yang berhubungan dengan pengaturan cell. Yaitu
bagaimana cara menggeser cell agar data yang di dalamnya bisa muat sesuai
kebutuhan.
Sebagaimana sudah kita ketahui, bahwa lembar
kerja/worksheet dalam Microsoft Office Excel secara default berupa tabel, yang
terdiri dari kolom dan baris. Adapun Perpotongan/pertemuan antara kolom dan
baris di sebut Cells/Sel.
Postingan ini akan membahas tentang mengatur lebar cell sehingga
data yang ada bisa pas sesuai kebutuhan.
Ada beberapa cara melakukan pengaturan tersebut di atas.
Pertama, dengan menggunakan Ikon Format Cells
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Letakkan kursor pada
cell yang akan di atur. Bisa juga blok beberapa cells yang akan di atur
lebarnya.
b. Klik tab ribbon/menu Home
c. Pada kelompok Cells klik
ikon Format
d. Selanjutnya akan
ditampilkan pilihan Cells Size (pengaturan ukuran cell) sebagaimana gambar
berikut:
Keterangan
Ø Row Height; berfungsi mengatur
panjang Baris.
Ø Autofit Row Height; Berfungsi
secara otomatis mengatur panjang baris sesuai data yang ada.
Ø Column Width, berfungsi
mengatur lebar kolom
Ø Autofit Column Width, pengaturan
secara otomatis lebar kolom sesuai data yang ada (menyesuaikan data)
Ø Default Width, menampilkan lebar
kolom sesuai default
e. Pilih dengan
mengklik salah satu perintah sesuai kebutuhan
Kedua, dengan menggunakan Klik and Drag (Drag and Drop)
pada Mouse
Cara ini dengan meletakkan kursor di antara kolom satu dengan
lainnya atau baris satu dengan lainnya.
Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Blok beberapa kolom
atau baris yang mau di atur lebar dan panjangnya.
b. Selanjutnya letakkan
kursor antara kolom atau baris sehingga kursor berupa wujud menjadi seperti
ini.
Kolom
Baris
c. Kemudian lakukan
pergeseran dengan mengklik, ditahan dan digeser sesuai kebutuhan.
Untuk lebih jelas lihat contoh penggunaan berikut ini.
Gambar tampilan cells dalam keadaan default atau normal.
Gambar tampilan cell setelah dilakukan perubahan.
E. MENGGUNAKAN RUMUS DAN FASILITAS BANTU
Salah satu hal yang membuat aplikasi Excel terkenal adalah
kelengkapan fitur Formulas dan Functions yang di Indonesia mungkin lebih
dikenal dengan istilah rumus. Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu
Anda dalam mengerjakan beragam proses perhitungan data secara cepat dan semi
otomatis. Formula ini bisa Anda gunakan dalam perhitungan yang sederhana hingga
yang kompleks, baik untuk data berupa angka, data teks, data tanggal, data
waktu, atau kombinasi dari data-data tersebut.
Secara garis besar Formula pada aplikasi Excel adalah suatu
persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk
mendapatkan hasil yang diharapkan. Penulisan formula selalu diawali tanda sama
dengan dan umumnya melibatkan operator dasar matematika. Sebagai contoh,
misalkan Anda hendak menghitung 10 + 15 maka formulanya adalah:
=10+15
Simbol tanda kurung ataupun tanda-tanda lainnya yang umum
digunakan dalam operasi matematika juga bisa Anda gunakan pada formula Excel,
misalnya:
=(25+5)*8
Nilai dalam aplikasi Excel dimuat didalam sel
atau range yang memiliki alamat tertentu, oleh karena itu penulisan formula pun
umumnya merujuk pada alamat sel-nya dan bukan pada nilainya, misalnya:
=(A5*A6)+(B5/C5)
Atau dalam beberapa kondisi bisa juga Anda kombinasikan antara
alamat sel dengan suatu nilai tertentu, misalnya:
=(B4+C4)*150 Definisi Fungsi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini
mengupas tuntas tentang bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai
dengan harapan. Dengan demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam
menjawab semua rumusan masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang
berhubungan dengan Microsoft Excel.
B.
Saran
Semoga dengan danya makalah ini kita lebih mengetahui lagi
tentang Microsoft exel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar